Halaman

Jumat, 13 Januari 2012

LANDASAN SOSIAL BUDAYA

A.Pendidikan dan Masyarakat                                                                                   Ada tiga sifat pendidikan yaitu
1.      pendidikan mengandung nilai dan memberikan pertimbangan nilai. Karena,tujuan proses pendidikanya juga harus bersifat membina dan mengembangkan nilai.
2.      Pendidikan diarahkan pada kehidupan dalam masyarakat.
3.      Pelaksanaan pendidikan di pengaruhi dan ddidukung oleh lingkungan         masyarakat tempat pendidikan itu berlangsung.Kehidupan masyarakat   berpengaruh terhadap proses pendidikan,karena pendidikan sangat melekat dengan kehidupan masyarakat.Proses pendidikan merupakan proses kehidupan masyarakat.
Tujuan umum pendidikan untuk menyiapkan generasi mudamenjadi orang dewasa masyarakat yang mandiri dan produktif.Konsep pendidikan bersifat universal,tetapi pelaksanaan pendidikan bersifat lokal.Di sesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat setempat.Pendidikan dalan suatu lingkungan masyarakat tertentu berbeda dengan lingkungan masyarakat,karena adanya perbedan sistim sosial-budaya,lingkungan alam,seta sarana dan prasarana yang lain.
Sala satu aspek yang cukup penting dalam sistem sosial-budaya adalah tatanan nilai-nilai.Tatanan nilai merupakan seperangkat ketentuan,peraturan,hukum,moralyang mengatur cara kehidupan dan berperilaku para warga masyarakat.
Menurut Tylor (1871),kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks,adat-istiadat,serta kemampuan dan kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.Pendidikan merupakan bagian dari kebudaayaan .Dalam arti yang lebih mendasar,pendidikan merupakan suatu proses kebudayaan.Proses pembudayaan tidak dapat berlangsung secara sendirian harus dalam interaksi dengan orang lain,interaksi dengan lingkungan.

B.Perkembangan Masyarakat
            Pada masyarakat tertentu perkembanannya sangat cepat,tetapi pada masyarakat agak lambat bahkan lambat sekali.Dalam kodisi masyarakatdemikian,perubahan-perubahan terjadi dengan cepat,mobilitas manusia dan barang sangat tinggi,komunikasi cepat,lancardan akurat.Perubahan yang cepat hampir terjadi dalam semua aspek kehidupan.
    1.Perubahan pola pekerjan
            Karena pengaruh perkembangan teknologi maka terjadi perubahan yang cukup drastis dalam pekerjaandalam pola pekerjaan.Masyarakat secara berangsur-angsur,beruba dari kehidupan yang berpola agraris kepola kehidupan industri.Pola kehidupan agraris memiliki kesaman, hidup yang lebih santai,cara kerja yang teratur.
   2.Perubahan peranan wanita
            Jumlah manusia yang berppendidikan cukup seimbanhg dengan peria,sebagai akibat emansipasi yang membukakesempatan pada wanita untuk memperoleh pendidikan.Wanita lebih bebas bergerak,berkarya,dan berkriasi di bandingkan apa bila hanya bekerja di rumah tangga.Wwasan dan pengetahuan mereka lebih luas,potnsi-potensiyang dimiliinya dapat diwujutkan dan disalurkan.
            Para wanita yang bekerja,sejumlah kesulitan dan masalah akan muncul.Masalah pertama berkenaan dengan kehidupan sosial-pribadi wanita. Wanita yang bekerja apabila telah menikah mempunyai tugas ganda.Dalam kehidupan keluarga betapa tinggi tingkat pendidikan dan jabatan yang dipegangnya tidak bisa dilepaskan kodratnya sebagai wanita.Masalah ketiga bekenaan dengan situasi pekerjan.
   3.Perubahan kehidupan keluarga
            Perkembangan kehidupan keluarga sejalan dengan kehidupan masyarakat.Pola pekerja masyarakat modern menuntut waktu kerja yang tidak teratur,melebihi waktu yang biasa.Banyaknya waktu yang digunakan untuk bekerja aan seimbang dengan penghasilan yang diperoleh.Apalgi bila suami dan istri bekerja penghasilan mereka jauh lebih banyak.            Anggota keluarga melasanakan tugasnya dengan baik.
C.Perkembangan Ilmu Pengetahuan
            Masa setelah abat pertengahan sering disebut zaman modern.Perkembangan ilmu pengetahuanpada dasar ini banyak didasari pleh penemuan dan hasilpemikiran para fisapat purba.Perkembangan ilmu masyarakat modern tidak dapat dilepaskan dari peranan ilmuan muslim.
            Tycho Bracho (1546-1642),Johannes Keppeler (31371-1630), dan Galileo (1546-1642) adalah para ahli astronomi.Mereka banyak di pengaruhi gagasan Copernikus dan melanjutkan gagasan itu Tycho Bracho dalam mengamati jalannya bintang-bintang dengan teropong  yang besar-besar.
            Fermat (1601-1665),dan Pascal (1623-16162) adalah ahli matematika dan fisika.Fermatmengembangkan teori Aljagar mengenal bilangan-bilangan.Fermat dan Pascal mengembangkan dasar-dasar statistika.
            Newton (1643-1727) adalah seorang pujangga besar,ahli matematika,astronomi,dan fisika.Lavoisier (1743-1794) adalah ahli fisika,yang mendasari ilmu kimia.Thomson menemukan elektron yang menggugurkan teori atom sebagai bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi.


D.Perkembangan Teknologi
            Iskandar Alisyahbana (1980,hlm.1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang teknolgi.
Teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal (hardware dan sofdeare)sehingga seakan-akan memperpanjang,memperkuat,atau membuat lebih ampuh  anggoa tubuh,pancaindra,dan otak manusia.
Penumuan teknologi yang paling penting adalah api.Dengan teknoloagi ini manusi mendapatkan penerangan pada malam hari.Teknologi penting yang lainnya adalah teknologi pertanian.Dengan teknologi ini manusia membudidayakan bermacam-macam tanaman   dan batang yang sebelumnya tubuh bebes.Teknologi ini me8mberikan kesejateraan kepada manusia karna hasil pertanian lebih banyak dan muda didapat.
            Mula teknologi industri berkembang secara individual dalam lingkungan kecil dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sendir,kemudian di kembangkan sesuai dengan fungsi,tujuan untuk memenuhi lingkungan yang makin meluas sampi bersekala ekpsor.perkembangan yang begitu cepat pada beberapa dekade terakhir,adalah perkembangan teknologi tranportasi,teknologi komunikasi,teknologi imformatika dan teknologi media cetak.
            Kemajuan dibidang komunikasi masa,kemajuan bidang telekomunikasi mengalami kemajuan yang begitu pesat.Teknologi media cetak ,walaupun jangkauan dan kecepatan sebarannyatidak seluas daan secepat komunikasi masa dan telekomunikasi mempunyai keunggulan sendiri.penemuan alat cetak modern  dengan kemampuan cetak yang sangat ceoat,tela menghasilkan barang cetakan seperti buku majalah,dan surat kabar yang bermutu tinggi.
   1.Transformasi teknologi 
            Cara yang lebih tepat memungkinkan untuk mengejar ketinggalan adalah dengan tranformsi teknologi.Tranformasi teknologi merupakan suatu proses pengaliahan ,penerapan dan pengembangan ilmupengetahuan dan teknologi secara tertentu (B.J.Habibie,1983). Proses pengalihan tidak berarti mengambil dan menerapkan teknologi,seperti keadakan aslinya di negara yang mengembangannya,tetapi mencakupjuga penyesuaian,modifikasi,dan pengembangan lebih lanjut.
            Menurut B.J.Habibie (1983) ada lima prinsif yang menjadi pegangan dalam tranformasi teknologi (industri):
1.      Perlu di selenggarakan pendidikan dan pelatihan di dalam dan di luar negri untuk menyiapkan para pelaku transformasi.
2.      Perlu di kembangkan konsep yang jelas dan realitis diperlukan untik mewujutkannya.
3.      Teknologi hannya dapat dialahkan,diterapkan,dikembangkan lebih lanjut jika benar-benar dikembangkan.
4.      Bangsa yang ingin mengebangkan diri secara teknologis harus berusaha sendiri memecahkan masalahnya.
5.      Pada tahap-tahap awal setiap negara transformasi harus melindui perkembangan kemampuan nasionalnya hngga saat tercapainya kemampuan bersaing secara internasional.

Ada tahap-tahap yang penting transformasi teknologi menurut B.J.Habibie yaitu:  
a.       Penggunaan teknologi yang digunakan  untuk proses nilai tamba produksi barang di pasaran.
b.      Tahap integransi teknologi digunakan untuk desain dan produksi barang baru.Pada tahap ini dikembangkan desain dan cetak biru sehingga ada elemen baru dan elemen penciptaan.
c.       Tahap pengembangan teknologi itu sendiri.
d.      Tahap pelaksanaan penelitian dasar secara besar-besaran.
   2.Perkembangan teknologi di Indonesia
            Sejak lama teknologi di Indonesia berkembang,tetapi yang di kembangkannya adalah teknologi sederhana.Untuk pengkajian dan penerapan teknologi ,Indonesia mempunyai badan khusus,yaitu badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang kepemimpinannya dirangkap oleh Menteri Riset dan Teknologi.
E.Pengaruh dan Perkembangan Teknologi
            Pengaruh perkembangan teknologi cukup luas,meliputi semua aspek kehidupan,politik,ekonomi,sosial,budaya,keagamaan,etika dan estitika,bahkan keamanan dan ilmu pengetahuan itu sendiri.Ada beberapa bidang ilmu dan teknologi yang mempunyai pengaruh sangat besar,baik secara langsung atau tidak langsung,terhadap kehidupan masyarakat .Bidang-bidang tersebut adalah komunikasi,transportasi,mekanisasi industri,pertanian dan persenjatan.
            Pendidikan juga mendapatkan pengaruh yang cukup besar dari ilmu dan teknologi.Pendidikan sangat erat hubungannya dengan kehidupan sosial.Sebab,pendidikan merupakan suatu aspek sosial.Pendidikan tidak terbatas pada pendidikan formal saja ,sebab pndidikan meliputi segala usaha atau usaha pihak luar untuk meningkatkan pengetahuan dan kecaapan,memperoleh keterampian dan membentuk sikap-sikp tertentu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar