Definisi Perkembangan (Development) serta Implikasinya dalam Pendidikan
Perkembangan di sini diartikan perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaan yang berlangsung secara sistematis,dan berkesinambungan baik fisik atau psikis.
Perkembangan (development) adalah proses atau tahapan pertumbuhan yang lebih maju. Pertumbuhan dan perkembangan berjalan menurut norma-norma tertentu, walaupun demikian seorang anak dalam banyak hal tergantung kepada orang dewasa. Oleh karena itu semua orang yang mendapat tugas untuk mengawasi anak harus mengerti persoalan anak yang sedang tumbuh dan berkembang.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991), berarti mekar terbuka atau membentang; menjadi besar, luas, dan bannyak, serta menjadi bertambah sempurna dalam hal kepribadian, pikiran, pengetahuan, dan sebagainya.
Pertumbuhan itu merupakan perubahan yang terus menerus dalam bentuk dan penyesuaian bagian-bagian yang bersifat jasmania, bagian yang fungsional dan didalam diri organisme sejak lahir hingga mati.
Perkembangan adalah retetan perubahan jasmani dan rohani manusia menuju kearah yang lebih maju dan sempurna.
Implikasinya dalam pendidikan dapat di kembangkan berdasarkan hasil laporan berbagai studi pengukuran mengunakan tes sebagai alat pengukurnya. Yang di lakukan subyek sampai tingkat usia tertentu.
Perkembangandalam pendidikan dapat menumbuhkan perubahan – perubahan ke arah yang lebih maju kepada anak didk sehinga menambah pengetahuan, pikiran yang lebih matang.
Prisip-Prinsip Perkembangan serta Implikasinya dalam Pendidikan
Pertumbuhan dan perkembangan manusia secara alamiah mengikuti pola umum menurut prinsip atau hukum perkembangan yang teratur, universal, dan berkesinambungan.
Prinsip-prinsip perkembangan pada umumnya antara lain:
1. Perkembangan melibatkan perubahan. Sikap anak terhadap perubahan dipengaruhi oleh kesadaran akan perubahan, bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku anak.
2. Perkembangan awal lebih kritis dari pada perkembangan selanjutnya.
3. Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
4. Pola perkembangan dapat diramalkan.
5. Pola perkembangan mempunyai karakteristik yang dapat diramalkan.
6. Terdapat perubahan individu dalam berkembang.
7. Priode pola perkembangan.
8. Pada setiap periode perkembangan memiliki harapan sosial.
9. Setiap bidang perkembangan mengandung bahaya dan potensial.
10. Kebahagian bervariasi pada berbagai periode perkembangan.
Adapun prinsip-prinsip perkembangan individu, yaitu;
1. Perkembangan merupakan proses yang tidak perna terganti.
2. Semua aspek perkembangan saling berhubungan.
3. Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan.
4. Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas.
5. Setiap individu normal akan mengalami tahapan perkembangan.
6. Perkembangan memiiki pola atau arah tertentu.
Prinsip perkembangan menurut Hurlock (1991), terbagi tujuh prinsip merupakan ciri mutlak dari pertumbuhan dan perkembangan yang dialami seorang anak, ketujuh prinsip tersebut adalah:
1. Adanya perubahan
Manusia tidak perna dalam keadakan statis dia akan sengalami berubah dan mengalami perubahan, perubahan bisa menanjak kemudian berada dititik puncak kemudian mengalami kemunduran.
2. Perkembangan awal lebih kritis dari pada perkembangan selanjutnya.
Lingkungan anak ti nggal masa kecil akan berpengaruh kuat terhadap kemampuan bawahan mereka. Bukti ilmiah telah menunjukkan bahwah dasar awal cenderung bertahan dan mempengaruhi sikap dari prilaku anak sepanjang hidupnya.
3. Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
Perkembangan seorang anak akan dipengaruhi oleh proses kematangan yaitu terbukanya karateristik yang secara potensial suda ada oada individu yang berasal dari warisan genetik individu.
4. Pola perkembangan dapat diramalkan.
Dlam perkembangan motorik akan mengikuti hukum chepaloaudal yaitu perkembangan yang menyebar keseluruh tubuh dari kepala ke kaki ini bahwa kemajuan dalam struktur dan fungsi pertama-tama terjadi dibagian kepalah,badan dan kaki.
5. Pola perkembangan mempunnyai karateristikyng dapat diramalkan.
Karateristik tertentu juga dapt diramalkan, berlaku baik untuk perkembangan fisik atau mental. Setiap anak mengikuti perkembangan yang sama dari satu tahap menuju tahap berikutnya.
6. Terdapat perbedaan individu dalam perkembangan.
Perbedaan ini disebabkan karena setiap orang memiliki unsur biologis dan genetik yang berbeda. Kemudian juga faktor lingkungan yang turut memberikan kontribusi terhadap perkembangan seorang anak. Perbedaan perkembangan tiap individu mengindikasikan pada guru, orang tua, atau pengasuh untuk mennyadari perbedaan tiap anak yang diasuhnya sehingga kemampuan yang diharapkan dari tiap anak seharusnya juga berbeda. Demikian pula pendidikan yang diberikan harus bersifat perseorangan.
Prinsip perkembangan mempunyai implikasi dalam pendidikan perkembangan menekankan bahwa kenyataan timbul dari interaksi kematangan belajar dengan menetapkan batas dari perkembangan.
Prinsip perkembangan yang berasal dari latihan dan usaha melalui belajar memperoleh kemampuan mengunakan sumberyang diwarisan.hubungan dari perkembangan dan hasil belajar bisa di contohkan pada saat terjadinya masa peka pada seorang anak, bila pembelajaran itu di berikan pada saat masa pekanya maka hasil dari pembelajaran tersebut akan cepat di kuasai oleh anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar